Sabtu, 16 Juni 2012

Pentingnya Faktor Keuangan Dalam Keluarga


Pentingnya Faktor Keuangan Dalam Keluarga 

posted by admin 16/6/2012

Faktor keuangan atau finansial keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam siklus perjalanan kehidupan rumah tangga. Banyak konflik terjadi akibat tidak atau kurang terpenuhinya faktor ini. Memang, kalau kita membuka mata lebar-lebar dalam melihat realita yang ada saat ini, jumlah pengeluaran yang harus kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup akan sangat besar nilainya. Janganlah anda bandingkan kehidupan di Kota besar layaknya Jakarta, Kota kecil seperti Kota Cirebon saja kalau menurut saya sudah lumayan besar budget pengeluarannya. Apalagi bagi yang sudah menikah dan berumah tangga tentunya hehe.
Mengingat pentingnya faktor ini, sebaiknya kita harus selalu mengukur dan memprediksikan kondisi keuangan keluarga kita. Bagi anda yang berpenghasilan besar, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun bagaimana halnya bagi yang memiliki penghasilan kecil? Kayanya tiap bulan harus aja minus dibanding plusnya. Duh kasiaan..

Repot sekali kalau kita tidak bisa mengelola kondisi keuangan kita. Mungkin kalau masih bujangan, kita akan cuek saja karena hanya harus memenuhi kebutuhan sendiri, tapi ketika sudah menikah dan berumah tangga, kita punya kewajiban untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anak kita.
Sebaiknya, bagi anda yang sekarang berniat untuk melangsungkan pernikahan, segeralah untuk memperkuat pondasi keuangan anda, karena walau bagaimanapun realita menyatakan bahwa kehidupan ini akan macet kalau tanpa adanya uang sebagai sebuah alat yang bisa membeli semua yang kita butuhkan. Jadi lebih baik untuk mempersiapkan dari sejak dini, sebelum satu saat nanti akan terjadi perselisihan dalam rumah tangga dikarenakan kurang terpenuhinya faktor ini.
Memang tidak baik juga sih memprioritaskan uang diatas segalanya, apalagi kalau mengalahkan keutuhan keluarga yang harusnya selalu dipertahankan sampai kapanpun. Namun untuk menutup celah-celah konflik, alangkah lebih baiknya bila kita sebagai suami selalu siap sedia, bekerja keras untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Setidaknya walaupun tidak bergelimang harta, cukup makan, punya rumah dan kendaraan plus tabungan di bank juga udah cukup koq. Siapa tahu bisa nikah lagi hehehe.
Jadi kesimpulannya, faktor keuangan itu memegang peranan penting dalam keluarga. Semoga Allah selalu memberikan rezekinya kepada kita ya. Aamiin..

Tidak ada komentar: